Langsung ke konten utama

Ini Lho 7 Tips Memilih Daging Ayam Yang Baik

 

          Ayam adalah hewan kategori unggas yang paling banyak dijadikan sebagai hewan ternak di dunia. Dagingnya temasuk dalam kelompok daging putih yang cirinya berwarna pucat sebelum dan sesudah dimasak. Lebih mudah dimasak dan diolah serta rasanya yang lezat membuat daging ayam terbanyak dijadikan olahan dan masakan. 
        Masyarakat Indonesia menyukai daging ayam, sehingga daging ayam begitu mudah didapatkan baik di pasar, supermarket, mall hingga warung-warung.
Nah bagi Anda tahukah cara memilih daging ayam potong kualitas baik yang hendak dibeli? Ini dia tipsnya.  
1. Perhatikan warna ayam
       Daging ayam yang baru dipotong berwarna pucat segar. Cara terbaik menyimpan ayam setelah dipotong adalah dengan langsung menaruhnya di lemari es atau dibekukan, jika tidak dalam 2 jam warnanya akan berubah menjadi kekuningan. Jika Anda jalan-jalan ke pasar tradisional mungkin Anda akan menemukan ayam yang sudah berubah warna karena dipajang di udara terbuka. beku adalah keadaan terbaik dalam menyimpan ayam. 
2. Hirup bau ayam
       Ayam yang baru dipotong atau akan memiliki bau harum dan tidak tercium bau busuk.
3. Tekan daging ayam.
      Apabila dagingnya kembali ke bentuk semula dengan cepat setelah ditekan, maka daging tersebut masih segar. Namun sebaliknya, jika daging ayam ditekan dan lama kembali ke bentuk semula bisa menjadi penanda daging tidak segar. (sumber kompas.com)
4. Keluarnya darah atau cairan ayam
      Saat memilih ayam potong perhatikan juga apakah ayam tersebut terus menerus mengeluarkan darah atau cairan? Jika ya sebaiknya Anda hindari karena hal tersebut menandakan sel-sel ayam sudah rusak. 
5. Rasakan Tekstur Kulit Ayam
        Cara mengetes ayam yang tidak berformalin atau mengandung bahan kimia lainnya adalah dengan menyentuh dan mengusap sedikit kulitnya. Perhatikan apakah ada tekstur bertepung atau berpasir. Jika menemukan ayam dengan tekstur seperti ini, sebaiknya anda tidak membelinya karena berarti ayam diberi bahan kimia. Tekstur bertepung itu adalah sisa-sisa bahan kimia yang tidak terbilas. (sumber resepkoki.id)
6. Lihat Kemasan Ayam
           Jika Anda membeli ayam bukan dipasar tradisional dan dalam keadaan beku perhatikan plastik kemasannya. Plastiknya harus rapi dan tidak sobek.
7. Ada Tidaknya Lalat Yang Hinggap.
            Lalat memang dikenal membawa kuman penyakit, namun untuk jika Anda membeli daging ayam di pasar hal itu adalah sesuatu yang alami. Jika lalat tidak mau mendekat besar kemungkinan ayam potong itu sudah mengandung bahan kimia.